Kata Bapak Tebe

love is not loving somebody perfect but love is loving somebody imperfect perfectly.

ETIKA & PROFESIONAL TSI

Senin, 12 Maret 2012

ETIKA & PROFESIONAL TSI

Pada postingan kali ini, saya ingin mendapatkan tugas dari Dosen Softskill saya untuk menjelaskan tentang Etika & Profesi TSI. Dimana pada pembahasan kali ini saya diberikan 4 kunci untuk membahas materi tentang Etika & Profesi TSI ini. Dimana 4 kunci ini meliputi what, why, who & when.



1. WHAT

Mungkin arti what disini adalah apa yang dimaksud dengan etika, profesi dan TSI itu sendiri..

· Etika

Menurut para ahli etika adalah aturan perilaku, adat kebiasaan manusia antar sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Etika atau lazim juga disebut etik, barasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos yang berarti norma-norma, kaidah-kaidah , dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik..

· Profesional

Profesional adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.

· TSI

TSI ( Teknologi Sistem Informasi) merupakan sistem pengolahan data menjadi informasi secara elektronis dengan menggunakan sarana komputer, telekomunikasi atau sarana elektronis lainnya.



2. WHY

Dalam hal ini mungkin ditanyakan mengapa diperlukan Etika & Profesional TSI??

· Etika & Profesionalisme TSI dibutuhkan agar mampu memetakan permasalahan yang timbul akibat penggunaan teknologi informasi, menginvestasikan dan mendefinisikan etika dalam teknologi informasi serta agar mampu menemukan masalah dalam penerapan etika TSI.



3. WHO

Siapa yang memerlukan Etika & Profesional TSI itu sendiri?

· Etika & Profesionalisme TSI biasa dilakukan oleh para pekerja dalam bidang teknologi informasi, seperti Programmer dan lain-lain



4. WHEN

Kapan dibutuhkan Etika & Profesional TSI??

· Etika & Profesional itu sendiri dipakai atau digunakan setiap seseorang bekerja dalam bidang teknologi informasi. Seperti seseorang programmer ketika membuat sebuah program.


Referensi :

- http://nadhiadisiini.blogspot.com/

- http://zainuliman.blogspot.com/2010/03/penjelasan-mengenai-etika-dan.html

- http://saiiaochie.blogspot.com/2012/03/etika-dan-profesionalisme-tsi.html