Kata Bapak Tebe

love is not loving somebody perfect but love is loving somebody imperfect perfectly.

Mesir Bergejolak

Selasa, 08 Maret 2011

Pada pembahasan kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang perkara yang terjadi di Mesir. Dalam rangka protes terhadap kepemimpinan Husni Mubarak. Dimana masyarakat yang anti pemerintah Husni Mubarak menginginkan Husni Mubarak lengser dari jabatannya sebagai Presiden Mesir yang telah menjabat selama 33 tahun.

Mesir masih terus bergejolak. Sementara itu, sebagaimana negara-negara lain yang sibuk mengevakuasi warganya, upaya evakuasi WNI yang berada di Mesir pun dilakukan pemerintah melalui Satgas Evakuasi. Hassan Wirajuda, Ketua Satgas mengungkapkan telah mendapatkan izin untuk menggunakan bandara di Kairo.

"Berita baiknya adalah over flight dan landing permit sudah kita peroleh," kata Hassan di Bina Graha, komplek Istana Presiden, Selasa (1/2). Pesawat yang sempat berada di Jeddah saat menunggu keluarnya izin tersebut, dipastikan segera menuju Kairo. Jika sesuai dengan rencana, lanjut Hassan, penerbangan evakuasi pertama WNI dari Mesir akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pagi ini, Rabu (2/2), pukul 10.00 WIB.

Hassan menerangkan, pihaknya mengalami kendala dalam mengumpulkan WNI dari rumah menuju ke titik-titik penampungan dan berlanjut ke airport. Sebab, dalam situasi krisis di Mesir ini, penggunaan bus-bus besar dilarang. "Itu bisa dimengerti alasannya karena bisa digunakan untuk pengerahan massa," tutur mantan Menlu itu. Sebagai gantinya, mobil-mobil yang ada di KBRI Kairo dikerahkan untuk menjemput WNI.

Hingga saat ini, Satgas baru mengoperasikan pesawat Boeing 747-400 milik Garuda untuk evakuasi tahap pertama. Sementara dua pesawat lain, yakni Boeing 747-400 milik maskapai Lion Air dan Airbus A 320 milik Batavia, dalam posisi stand by. "Kita akan mengevaluasi kapan dua pesawat itu diberangkatkan. Menunggu evaluasi ketua tim evakuasi yang tentunya dari kairo," paparnya.

Sementara itu, Wakil Satgas yang juga Ketua Evakuasi, Marsekal Madya Sukrino mengatakan, jumlah WNI yang menjadi prioritas evakuasi pertama berjumlah 2.400 orang. Mereka, terang Sukirno, terdiri dari para perempuan dan anak-anak.

"Selain mahasiswa juga ada para TKI," papar dia. Dalam teknis evakuasi, Sukirno mengatakan para WNI yang akan dievakuasi harus sudah dikumpulkan di tiga pos Safe House yang sudah dibentuk. Yaitu di KBRI, di kawasan kampus Universitas Al-Azhar, dan di Nasser City.

Setelah terkumpul di pos, para WNI langsung dievakuasi ke airport. "Pihak pertahanan Mesir sudah siap membantu," jelas Sukirno. Setelah para WNI itu berkumpul di airport, pesawat yang sementara transit di Jeddah langsung diterbangkan Kairo. Sistem ini digunakan untuk mengatisipasi padatnya pendaratan pesawat di airport.

Di dalam negeri sendiri, sekretariat Kemenlu sudah berkoordinasi dengan otoritas bandara Soekarno Hatta dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Koordinasi ini dilakukan untuk menyambut kedatangan kloter pertama evakuasi WNI dari Mesir.

Dirjen Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu, Tatang Razak menjelaskan, rapat persiapan menyambut kedatangan masih terus dijalankan hingga tadi malam. Pihak Kemenlu hanya menjelaskan bahwa WNI yang akan dievakuasi pertama adalah WNI yang berkumpul di pos Safe House di Nasser City. Kemenlu sendiri masih terus memastikan rencana mengumpulkan seluruh WNI yang berhasil dievakuasi ke kantor Kemenlu.

0 komentar:

Posting Komentar