Kata Bapak Tebe

love is not loving somebody perfect but love is loving somebody imperfect perfectly.

Masa Depan Indonesia Tanpa Korupsi

Senin, 18 Oktober 2010

“Bagaimana jadinya Indonesia tanpa Korupsi !!!”

Korupsi berasal dari bahasa latin, Corruptio-Corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik atau menyogok. Korupsi menurut Huntington (1968) adalah perilaku pejabat publik yang menyimpang dari norma-norma yang diterima oleh masyarakat, dan perilaku menyimpang ini ditujukan dalam rangka memenuhi kepentingan pribadi. Maka dapat disimpulkan korupsi merupakan perbuatan curang yang merugikan Negara dan masyarakat luas dengan berbagai macam modus.

Sebab-sebab adanya korupsi

Penyebab adanya tindakan korupsi sebenarnya bervariasi dan beraneka ragam. Akan tetapi, secara umum dapatlah dirumuskan, sesuai dengan pengertian korupsi diatas yaitu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi /kelompok /keluarga/ golongannya sendiri. Faktor-faktor secara umum yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan korupsi antara lain yaitu :

Ø Kurangnya pendidikan.

Ø Adanya banyak kemiskinan.

Ø Tidak adanya tindakan hukum yang tegas.

Ø Ketiadaan atau kelemahan kepemimpinan dalam posisi-posisi kunci yang mampu memberi ilham dan mempengaruhi tingkah laku yang menjinakkan korupsi.’

Ø Keadaan masyarakat yang semakin majemuk.

Kesimpulan dari saya mengenai topik “Bagaimana Jadinya Indonesia Tanpa Korupsi” adalah mungkin kesejahteraan hidup masyarakat akan lebih baik dan taraf hiidup masyarakat pun akan lebih baik dari sekarang. Misalnya kalau kita bayangkan uang yang di korupsi oleh para koruptor itu yang jumlahnya bias mencapai milyaran atau bahkan triluyan di kompesasikan atau digunakan untuk menambah biaya pendidikan, kesehatan, bahan pangan masyarakat, mungkin sekarang semua anak di Indonesia akan dapat merasakan rasanya bersekolah. Bisa digunakan untuk menambah jumlah sekolah-sekolah di desa. Akan mengurangi tingkat pengamen yang kebanyakan adalah anak-anak yang tidak bersekolah. Akan mengurangi tingkat kelaparan. Biaya pengobatan akan murah. Dan harga barang bahan-bahan pangan akan jauh lebih murah.

Kesimpulan diatas adalah sebagian kecil manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat. Manfaat lain adalah yang berhubungan dengan Negara kita, Mungkin saja Negara kita akan menjadi Negara maju atau bahkan Negara berkembang.

Sumber :

http://soloraya.net/2010/01/korupsi-dan-pengertiannya/

0 komentar:

Posting Komentar