Kata Bapak Tebe

love is not loving somebody perfect but love is loving somebody imperfect perfectly.

Kaitan film I Robot dengan Interaksi Manusia dan Komputer

Minggu, 03 Oktober 2010


Film ini mengisahkan tentang kemajuan teknologi robot pada tahun 2035, pada jaman tersebut semua orang didunia bergantung pada robot yang telah diprogram untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari dan tidak membahayakan bagi manusia. Dimana robot itu berjalan atas perintah atasan (manusia) yang memiliki 3 aturan yang berlaku dan harus dipatuhi yaitu : (1). Robot dilarang membunuh manusia. (2). Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia sebagai atasan. (3). Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan aturan pertama dan kedua.

Cerita film ini diawali dengan adanya kematian Prof. Dr. Lennin yang merupakan pencipta robot, diduga bunuh diri dengan cara terjun dari sebuah kantor perusahaan USR, perusahaan yang memproduksi dan membuat robot itu. Tetapi Detektif Del Spooner curiga bahwa kematian Prof. Dr. Lennin dibunuh oleh robot yang bernama Sonny, robot tersebut milik asisten Prof. Dr. Lennin yang bernama Dr.Calvin. Kemudian dengan dibantu oleh Susan Calvin (Moynahan) seorang robopsycologist USR untuk mengungkap misteri pembunuhan tersebut. Tidak seperti robot yang lama, robot USR yang baru NS-5 dikontrol oleh perusahaan super komputer VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence) yang memiliki intelegensi, kemandirian yang menyerupai manusia, Sonny (Tudyk), dicurigai sebagai pembunuh Laning.

Kemajuan teknologi robot ini memiliki dampak positif yaitu segala keperluan manusia dimudahkan, dipenuhi oleh robot. Dampak Negatifnya jika suatu sistem kacau maka akan berakibat fatal, robot menjadi tidak terkendali dan bisa berbahaya untuk manusia yang notabene adalah pencipta roobot itu.

Dalam sudut IMK kecanggihan ini sebenarnya sudah dikembangkan oleh para ahli walaupun belum dalam bentuk robot, akan tetapi kita sudah menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti lampu yang menyala jika kita berkata "cahaya", "lampu", atau komputer yang bisa menjalankan aplikasi jika kita mengucapkan kata kunci yang sudah diatur. Bahkan ada aplikasi yang bisa mengubah kata-kata yang kita ucapkan menjadi tulisan dalam aplikasi pengolah kata. Sama halnya dengan notebook yang mempunyai sistem keamanan dengan pengenalan wajah siempunya, yang sudah beredar di pasaran.

Interaksi antara manusia dan komputer terlihat dari film ini, dimana robot dapat melakukan hal yang selayaknya dilakukan oleh manusia.

Jika semua teknologi ini dikembangkan dan dijadikan menjadi satu maka intruksi manusia untuk menjalankan komputer (komunikasi antara manusia dan komputer) tidak lagi memakai sinyal listrik yang "dimediai" oleh kabel dan udara. Manusia mungkin akan memerintah komputer sama seperti halnya berkomunikasi dengan manusia lainnya, dengan bahasa yang lebih alami dan tidak kaku. Dan bukan hal yang tidak mungkin jika film I Robot menjadi salahh satu cerita tentang gambaran kehidupan manusia di masa yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar