Kata Bapak Tebe

love is not loving somebody perfect but love is loving somebody imperfect perfectly.

Topik PI

Senin, 18 Oktober 2010

Topik PI

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang topik PI yang insya allah akan saya buat pada semester depan. Saya akan mencoba sebuah pembahasan tentang website (Web). Dimana saya akan menggunakan PHP dan MySql sebagai databasenya.

Halaman website ini akan membahas tentang peminjaman sebuah buku secara online. Pertama saya akan sebuah halaman utama yang berisi tentang logo dari instansi yang akan saya gunakan, sebuah kotak dialog next untuk mengetahui buku-buku selanjutnya yang bisa dipinjam, kotak dialog preview untuk melihat kembali buku-buku sebelumnya, dan kotak dialog add untuk menampilkan form peminjaman buku tersebut.

Selanjutnya saya akan membuat koneksi untuk semua keperluan yang dibutuhkan, seperti membuat koneksi yang menghubungkan halaman utama dengan databasenya dan yang lain-lain.

Kurang lebih seperti itu gambaran yang akan saya buat. Selanjutnya saya akan mengembangkan kembali apa yang sudah direncanakan ini apabila bisa digunakan.

Peran Sistem Informasi Dalam Pendidikan

“Peranan Sistem Informasi dalam Bidang Pendidikan”

Sebelum melihat lebih jauh tentang “Peranan Sistem Informasi dalam Bidang Pendidikan”, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu system, informasi dan system informasi itu sendiri.

Sistem adalah Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Informasi adalah Data yang telah diproses ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata, sehingga dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan, dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang. Dan system informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.

Kita akan mulai membahas tentang topik kita mengenai “Peranan Sistem Informasi dalam Bidang Pendidikan”. Pendidikan merupakan salah satu prioritas utama yang harus kita dapatkan dan kita jalankan. Dalam zaman yang sudah modern dan maju ini, jelas sekali kalau system informasi banyak memiliki manfaat dan peranan yang cukup penting dalam mendukung proses pembelajaran. Dalam Era Globalisasi seperti sekarang, cukup dengan searching di internet para mahasiswa bisa mendapatkan segala hal yang bisa membantu proses pembelajaran seperti bahan untuk tugas dan pembuatan makalah. Kita bisa belajar dengan metode e-learning, maksudnya tanpa harus bertatap muka dengan para dosen kita masih bisa belajar mengenai materi yang akan di bahas. Itu merupakan sebagian kecil manfaat system informasi dalam bidang pendidikan. Dengan itu semua kita bisa menghemat waktu, biaya ataupun tenaga.

Kesimpulannya adalah kita bisa efektif dan efisien mengerjakan sesuatu terutama dalm hal pendidikan dengan adanya peranan system informasi tersebut. Akan tetapi dengan semua manfaatnya ada juga kekurangan atau segi negatifnya setiap orang akan malas dan akan selalu tergantung pada internet.

Sumber :

http://www.total.or.id/info.php?kk=sistem

http://www.total.or.id/info.php?kk=informasi

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi

Masa Depan Indonesia Tanpa Korupsi

“Bagaimana jadinya Indonesia tanpa Korupsi !!!”

Korupsi berasal dari bahasa latin, Corruptio-Corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik atau menyogok. Korupsi menurut Huntington (1968) adalah perilaku pejabat publik yang menyimpang dari norma-norma yang diterima oleh masyarakat, dan perilaku menyimpang ini ditujukan dalam rangka memenuhi kepentingan pribadi. Maka dapat disimpulkan korupsi merupakan perbuatan curang yang merugikan Negara dan masyarakat luas dengan berbagai macam modus.

Sebab-sebab adanya korupsi

Penyebab adanya tindakan korupsi sebenarnya bervariasi dan beraneka ragam. Akan tetapi, secara umum dapatlah dirumuskan, sesuai dengan pengertian korupsi diatas yaitu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi /kelompok /keluarga/ golongannya sendiri. Faktor-faktor secara umum yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan korupsi antara lain yaitu :

Ø Kurangnya pendidikan.

Ø Adanya banyak kemiskinan.

Ø Tidak adanya tindakan hukum yang tegas.

Ø Ketiadaan atau kelemahan kepemimpinan dalam posisi-posisi kunci yang mampu memberi ilham dan mempengaruhi tingkah laku yang menjinakkan korupsi.’

Ø Keadaan masyarakat yang semakin majemuk.

Kesimpulan dari saya mengenai topik “Bagaimana Jadinya Indonesia Tanpa Korupsi” adalah mungkin kesejahteraan hidup masyarakat akan lebih baik dan taraf hiidup masyarakat pun akan lebih baik dari sekarang. Misalnya kalau kita bayangkan uang yang di korupsi oleh para koruptor itu yang jumlahnya bias mencapai milyaran atau bahkan triluyan di kompesasikan atau digunakan untuk menambah biaya pendidikan, kesehatan, bahan pangan masyarakat, mungkin sekarang semua anak di Indonesia akan dapat merasakan rasanya bersekolah. Bisa digunakan untuk menambah jumlah sekolah-sekolah di desa. Akan mengurangi tingkat pengamen yang kebanyakan adalah anak-anak yang tidak bersekolah. Akan mengurangi tingkat kelaparan. Biaya pengobatan akan murah. Dan harga barang bahan-bahan pangan akan jauh lebih murah.

Kesimpulan diatas adalah sebagian kecil manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat. Manfaat lain adalah yang berhubungan dengan Negara kita, Mungkin saja Negara kita akan menjadi Negara maju atau bahkan Negara berkembang.

Sumber :

http://soloraya.net/2010/01/korupsi-dan-pengertiannya/

My Autobiography

My Autobiography

Pada tahun 1990, hari kamis tanggal 10 Juni, tepatnya pukul 05.00 subuh lahirlah seorang bayi laki-laki. Inilah saya sang penulis. Saya adalah putra dari pasangan Tb. Cecep Gustiwa dan Yayan Rohayah.

Saya adalah anak ke-2 dari 5 bersaudara. Saya mempunyai seorang kakak perempuan yang sekarang sedang kuliah di Universitas Pakuan Bogor dan mempunyai 3 orang adik yang masing-masing duduk di bangku SD, SMP, dan SMA.

Masa-masa SD

Saya sekolah di SD. Amaliah Bogor. Masa sekolahku dulu lumayan baik, saya sering mendapatkan rangking di kelas. Hobiku saat SD adalah bermain sepakbola, maka itu setiap pulang sekolah saya pasti bermain sepakbola.

Masa-masa SMP

Saya sekolah di SMP Negeri 1 Ciawi. Pada saat itu masih zamannya masuk dengan memakai test. Kebanggaanku saat di SMP adalah ketika melihat hasil tesnya, saya berhasil mendapatkan tempat ke-8 dari sekitar 200 orang yang diterima. Kenangan di SMP adalah pertama kalinya saya jatuh cinta tetapi saya malu mengungkapkan perasaan saya.

Masa-masa SMA

Saya sekolah di SMA Negeri 1 Ciawi. Memang masa paling indah adalah masa-masa SMA. Banyak sekali kenangan-kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan. Baik kenangan manis atau pahit. Kenangan yang paling pahit adalah ketika saya harus kehilangan 2 teman saya. Ketika itu saat saya sedang duduk di bangku kelas 2, bukan saya saja yang kehilangan akan tetapi teman-teman saya pun pasti merasa kehilangan. Tapi tidak hanya kenangan pahit, kenangan manis pun senantiasa mengiringi perjalanan hidup saya ketika d SMA.

Saya mempunyai teman yang banyak ketika sekolah. Tiada hari tanpa bermain. Kebiasaan saya saat SMA adalah mulai dari kelas 2, setiap pulang sekolah saya pasti bermain basket dengan teman-teman sekelas saya. Meskipun sedang teriknya matahari ataupun derasnya hujan, kami tetap akan bermain basket karena itu adalah kebiasaan saya dengan teman-teman karena itu hobi kami.

Setelah lulus SMA saya melanjutkan pendidikan di Universitas Gunadarma .

Contoh Gambar Interaksi Manusia dan Komputer

Minggu, 10 Oktober 2010


gambar1. memperlihatkan manusia yang sedang nggunakan komputer sehingga terjadi interaksi



gambar2.menunjukan contoh interaksi manusia dan komputer dibidan perbankan yaitu menarik uang di ATM

Kaitan film I Robot dengan Interaksi Manusia dan Komputer

Minggu, 03 Oktober 2010


Film ini mengisahkan tentang kemajuan teknologi robot pada tahun 2035, pada jaman tersebut semua orang didunia bergantung pada robot yang telah diprogram untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari dan tidak membahayakan bagi manusia. Dimana robot itu berjalan atas perintah atasan (manusia) yang memiliki 3 aturan yang berlaku dan harus dipatuhi yaitu : (1). Robot dilarang membunuh manusia. (2). Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia sebagai atasan. (3). Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan aturan pertama dan kedua.

Cerita film ini diawali dengan adanya kematian Prof. Dr. Lennin yang merupakan pencipta robot, diduga bunuh diri dengan cara terjun dari sebuah kantor perusahaan USR, perusahaan yang memproduksi dan membuat robot itu. Tetapi Detektif Del Spooner curiga bahwa kematian Prof. Dr. Lennin dibunuh oleh robot yang bernama Sonny, robot tersebut milik asisten Prof. Dr. Lennin yang bernama Dr.Calvin. Kemudian dengan dibantu oleh Susan Calvin (Moynahan) seorang robopsycologist USR untuk mengungkap misteri pembunuhan tersebut. Tidak seperti robot yang lama, robot USR yang baru NS-5 dikontrol oleh perusahaan super komputer VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence) yang memiliki intelegensi, kemandirian yang menyerupai manusia, Sonny (Tudyk), dicurigai sebagai pembunuh Laning.

Kemajuan teknologi robot ini memiliki dampak positif yaitu segala keperluan manusia dimudahkan, dipenuhi oleh robot. Dampak Negatifnya jika suatu sistem kacau maka akan berakibat fatal, robot menjadi tidak terkendali dan bisa berbahaya untuk manusia yang notabene adalah pencipta roobot itu.

Dalam sudut IMK kecanggihan ini sebenarnya sudah dikembangkan oleh para ahli walaupun belum dalam bentuk robot, akan tetapi kita sudah menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti lampu yang menyala jika kita berkata "cahaya", "lampu", atau komputer yang bisa menjalankan aplikasi jika kita mengucapkan kata kunci yang sudah diatur. Bahkan ada aplikasi yang bisa mengubah kata-kata yang kita ucapkan menjadi tulisan dalam aplikasi pengolah kata. Sama halnya dengan notebook yang mempunyai sistem keamanan dengan pengenalan wajah siempunya, yang sudah beredar di pasaran.

Interaksi antara manusia dan komputer terlihat dari film ini, dimana robot dapat melakukan hal yang selayaknya dilakukan oleh manusia.

Jika semua teknologi ini dikembangkan dan dijadikan menjadi satu maka intruksi manusia untuk menjalankan komputer (komunikasi antara manusia dan komputer) tidak lagi memakai sinyal listrik yang "dimediai" oleh kabel dan udara. Manusia mungkin akan memerintah komputer sama seperti halnya berkomunikasi dengan manusia lainnya, dengan bahasa yang lebih alami dan tidak kaku. Dan bukan hal yang tidak mungkin jika film I Robot menjadi salahh satu cerita tentang gambaran kehidupan manusia di masa yang akan datang.