Kata Bapak Tebe

love is not loving somebody perfect but love is loving somebody imperfect perfectly.

Keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff dan Fungsional pada Sebuah Perusahaan

Kamis, 31 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff dan Fungsional pada Sebuah Perusahaan
Sebelum kita membahas tentang keburukan struktur organisasi garis/staff dan fungsional pada sebuah perusahaan, kita harus tahu dulu apa pengertian dan penjelasan dari sebuah kata organisasi. Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pimpinan dengan organisasi yang tercipta di perusahaan yang bersangkutan. Jadi keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi terutama struktur organisasi yang dianut.
Bentuk Struktur organisasi dapat dibagi menjadi 6 golongan, yaitu :
1. Organisasi Lini
2. Organisasi Fungsional
3. Organisasi Lini dan Staff
4. Organisasi Fungsional dan Lini
5. Organisasi Matrik
6. Organisasi Komite

Di sini kita akan membahas bentuk organisasi Lini atau Garis, organisasi Staff dan organisasi Fungsional.

1. Organisasi Lini
Semua organisai mempunyai sejumlah fungsi-fungsi dasar yang harus dilaksanakan. Sebagai contoh, organisasi perusahaan biasanya paling sedikit mempunyai 3 fungsi dasar : produksi (manufacturing atau operasi), pemasaran (penjualan), dan keuangan. Fungsi-fungsi dasar tersebut dilaksanakan oleh semua organisasi, baik manufacturer, pedagang eceran, perusahaan jasa, ataupun organisasi “nonprofit”. Fungsi-fungsi ini biasanya disusun dalam suatu organisasi lini dimana rantai perintah adalah jelas dan mengalir ke bawah melalui tingkatan-tingkatan manajerial.

2. Organisasi Staff
Staf merupakan individu atau kelompok (terdiri para ahli) dalam struktur organisasi yang fungsi utamanya memberikan saran dan pelayanan kepada fungsi lini. Karyawan staf departemen tidak secara langsung terlibat dalam kegiatan utama organisasi atau departemen. Sebagai contoh, staf spesialis pemeliharaan tidak menciptakan produk, menjual, dan mengelola keuangan.

3. Organisasi Fungsional.
Organisasi ini memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus semaksimal mungkin, sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan sesuai dengan keahliannya.
Keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff dan Fungsional pada Sebuah Perusahaan :
1. Koordinasi di dalam perusahaan tersebut akan sulit di jalankan dan akan selalu mendapatkan hambatan
2. Akan terjadi persaingan jabatan
3. Akan terjadi ketidak harmonisan antara para karyawan di dalam perusahaan tersebut

0 komentar:

Posting Komentar