Kata Bapak Tebe

love is not loving somebody perfect but love is loving somebody imperfect perfectly.

Konflik Sosial yang Terjadi di Kehidupan Masyarakat Kita

Senin, 30 November 2009

Tugas Softskill

Kehidupan bermasyarakat adalah kehidupan yang cukup sederhana, dimana terdiri dari banyak individu, dan kelompok-kelompok sosial lainnya. Dan dikarenakan terdiri dari berbagai-berbagai kelompok, konflik sosialpun pasti sering terjadi. Konflik sosial ini terjadi karena terdapat beberapa kelompok atau individu yang ingin memenuhi segala kebutuhannya dan bermaksud untuk tidak mempedulikan kebutuhan atau kepentingan orang lain.

Konflik adalah suatu proses sosial dimana seorang individu atau kelompok ingin memenuhi kebutuhannya sendiri, tanpa merisaukan kebutuhan dan kepentingan orang lain. Dan konflik ini pun terjadi karena perbedaan tujuan di antara individu. Dimana individu yang satu menganggap individu yang lain menghalang-halangi tujuan yang ingin dicapainya, begitupun sebaliknya.

Misalnya, saya ambil contoh yang sering terjadi di masyarakat kita. Tentang konflik tanah, konflik tanah ini banyak terjadi pada masyarakat modern, dimana mereka saling mengaku bahwa mereka adalah pemilik yang sah turun temurun, tetapi di sisi lain ada orang yang memiliki sertifikat tanah tersebut, maka pihak yang tidak memiliki sertifikat tanah akan kalah dalam perkara ini.

Dalam masalah ini, diperlukan sebuah keputusan dan solusi yang baik untuk menyelesaikan konflik ini. Keputusan adalah suatu rencana yang akan dilakukan untuk menyelesaikan sebuah konflik dan Solusi adalah Jalan keluar ataupun hal-hal yang akan mempermudah seseorang mediator atau penengah dalam mengambil sebuah keputusan.

Dalam masalah yang saya contohkan di atas, salah satu solusinya adalah dengan cara menyelesaikan konflik tersebut secara musyawarah dengan dilandasi rasa kekeluargaan. Jika tidak pun solusi yang lain adalah konflik ini dibawa ke pengadilan, dimana seorang hakim akan bertindak sebagai mediator atau penengah untuk mengambil keputusan-keputusan, baik menguntungkan kedua belah pihak ataupun akan menguntungkan salah satu pihak.

0 komentar:

Posting Komentar